#000000 url(http://petir-project.googlecode.com/files/zuaz-petir.gif) -repeat center fixed;

KONSEP ,VISI dan MISI

PERGURUAN BAGI CALON PEMIMPIN PUTRI ISLAM

MTs (Madrasah Tsanawiyah) & MA (Madrasah Aliyah)
, 4 kali berturut-turut TERAKREDITASI A
Konsep 6 Tahun dalam wadah KMI ( Kulliyatul Mu`allimat al Islamiyah) Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri
Ibnul Qoyyim Islamic Boarding School / ITTC


Dalam melaksanakan proses pendidikan berpijak pada 4 pilar :
Learn to know (belajar mengetahui), learn to do (belajar melakukan), learn to be (belajar menjadi diri sendiri, learn to live together (belajar hidup bersama).

PANCA JIWA PINDOK ;
1. Keikhlasan
2. Kesederhanaan
3. Kemandirian/berdikari
4. Ukhuwah Islamiyah
5. Kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As Sunnah


Visi : "Mencetak Generasi Mukmin, Mu`allim ,Mubaligh, mujahid yang Mukhlis".

MISI :
1. Melaksanakan program Pendidikan dan Pengajaran terpadu dengan menggabungkan model Pendidikan Pesantren dan Madrasah/Sekolah.
2. Menanamkan dan mensyiarkan nilai-nilai Islam
3. Menanamkan jiwa keikhlasn, kesederhanaan , kemandirian, ukhuwah islamiyah, kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As sunnah
4. Menyelenggarakan Pendidikan ketrampilan dan mengembangkan dasar-dasar Teknologi tepat guna /life skills
5. Menerapkan direct method dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Bahasa English / Arabic and English Day

Rabu, 13 Maret 2013

Kota Jogjakarta kota pendidikan nasional /http://youtu.be/APo8tXk7tgc


Kota Jogjakarta kota pendidikan nasional /http://youtu.be/APo8tXk7tgc

EKSPERIMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN AL MUFRODAT DI KELAS TAKHASSUS MADRASAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN 2009-2010

RR. HANUM AN NISA - NIM. 06420024 , (2011) EKSPERIMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN AL MUFRODAT DI KELAS TAKHASSUS MADRASAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN 2009-2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar penguasaan al-mufrodat kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan strategi Active Learning model Card Sort) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa menggunakan strategi Active Learning model Card Sort) pada siswa kelas Takhassus Madrasah Ibnul Qoyyim Putri Sleman. Penelitian ini adalah penelitian eksperimentasi yang dalam penerapannya menggunakan dua kelas, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan Strategi Active Learning model Card Sort dalam pembelajaran almufrodat yaitu kelas IV B dengan jumlah 17 Siswa, dan kelompok kontrol yaitu yang tidak menggunakan Active Learning Card Sort dalam pembelajaran almufrodat, yaitu kelas IV A dengan jumlah 17 siswa. Peneliti menggunakan Populasi untuk menentukan obyek penelitian eksperimentasi ini dengan melibatkan seluruh siswa kedalam proses eksperimentasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity) dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Kolmogorov-Smirnov, sedangkan untuk uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji F. Analisis data dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar penguasaan al-mufrodat siswa dalam kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 18,2941, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata post-test sebesar 14,2941. Kemudian dari rata-rata peningkatan kemampuan hasil belajar penguasaan al-mufrodat tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi yaitu sebesar 3,17647, sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar 0,52941. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan strategi Actrive Learning model Card Sort dalam pembelajaran penguasaan al- mufrodat dengan kelas yang tidak menggunakan strategi Active Learning model Card Sort mempunyai perbedaan yang signifikan. Sehingga strategi Active Learning model Card Sort dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penguasaan almufrodat. div
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Tulus Mustofa, Lc., M.A.
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Active Learning, Card Sort, Pembelajaran Al-Mufrodat, Kelas Takhasuss
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5626

PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA TERHADAP MINAT BERBAHASA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA (Tinjauan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab)

Siti Aminah NIM: 04420939, (2009) PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA TERHADAP MINAT BERBAHASA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA (Tinjauan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
[img] Text (PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA TERHADAP MINAT BERBAHASA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA (Tinjauan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab))
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (389Kb)
[img] Text (PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA TERHADAP MINAT BERBAHASA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA (Tinjauan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (229Kb)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa dalam meningkatkan minat Bebahasa Santri di Pondok Pesntren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta (Tinjauan Ketrampilan Berbicara). Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim cenderung lebih membantu dalam minat berbahasa santri dalam kehidupan sehari- hari. Hampir seluruh santri sangat memilih kegiatan Ekstrakurikuler bahasa ketimbang proses pembelajaran umum di kelas. Teknik Pengumpulan Data yang penulis gunakan adalah Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Wawancara ini penulis tujukan kepada Direktur Pondok Pesantren, Musyrifatul Lughoh Bagian Bahasa OSIQ dan Bagian Kegiatan Santri. Observasi yang penulis gunakan adalah Observasi Partisipan dan Non Partisipan. Sedangkan Angket, penulis tujukan kepada Santri Madrasah Aliyah yang berjumlah 56 orang. Obyek dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa di luar kelas yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim. Jika di lihat dari tempat penelitian termasuk penelitian Lapangan dan bila di lihat dari sifat Data yang ada termasuk data Kualitatif. Yaitu penelitian yang lebih menekankan pada Data yang bersifat Kualitatif dan menggunakan Analisis Kualitatif dalam memaknai dan menganalisis data yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim cukup efektif dan dalam meningkatkan minat berbahasa santri. terbukti dengan jumlah Persentase santri yang lebih menyukai kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa sebanyak 30%.jika di banding dengan kegiatan belajar formal di kelas yang hanya 4% dari 56 santri. Beberapa usaha Organisasi Santri Ibnul Qoyyim (OSIQ) dalam meningkatkan kemahiran berbicara santri adalah: membuat staff bahasa, pemutaran kaset, pemasangan uslub, pembuatan kaset, penerbitan bulletin, dan Arabic club. Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa berjalan cukup efektif, karena mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Arab santri mampu berinteraksi dengan bahasa Arab sesuai dengan tujuan pembelajaranya. Dengan bukti minat berbahasa santri cukup meningkat yaitu 22% jika dibanding dengan proses pembelajaran dikelas.
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : DR. Janan Asifudin MA.
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Bahasa, Minat, Santri, Pondok Pesantren, Ibnul Qoyyim
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2012 11:14
Last Modified: 13 Aug 2012 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2645

UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI IPA MA IBNUL QOYYIM PUTRI

Isna Kholifa NIM: 04430991, (2009) UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI IPA MA IBNUL QOYYIM PUTRI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mewujudkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada pembelajaran matematika siswi kelas XI IPA MA Ibnul Qoyyim Putri melalui metode pembelajaran kooperatif tipe berpikir berpasangan berbagi (think pair share). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswi kelas XI IPA MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman yang berjumlah 6 orang dan guru mata pelajaran matematika kelas XI IPA. Obyek penelitian ini adalah proses penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe berpikir berpasangan berbagi (think pair share). Penelitian dilakukan dalam 2 (dua) siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 5 (lima) jam pelajaran dan terbagi dalam 2 (dua) kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil angket siswa dan guru dengan data pembanding yaitu hasil observasi secara langsung selama proses kegiatan pembelajaran, hasil wawancara siswa dan guru, catatan lapangan, hasil evaluasi/ kuis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperati tipe berpikir berpasangan berbagi (think pair share) Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) di kelas XI IPA MA Ibnul Qoyyim Putri dapat terwujud. Hal ini ditunjukkan dari hasil persentase angket siswa dan guru serta lembar observasi siswa dan guru yaitu: pembelajaran aktif terwujud dengan persentase keberhasilan sebesar 72.92% untuk angket siswa, 75.00% untuk angket guru, 77.78% untuk lembar observasi siswa, dan 81.48 % untuk lembar observasi guru, pembelajaran kreatif terwujud dengan persentase keberhasilan sebesar 62.50% untuk angket siswa, 66.67% untuk angket guru, 66.67 % untuk lembar observasi siswa, dan 69.33 % untuklembar observasi guru pembelajaran efektif terwujud dengan persentase keberhasilan sebesar 76.04% untuk angket siswa, 87.50% untuk angket guru, 70.37 % untuk lembar observasi siswa, dan 85.19 % untuk lembar observasi guru, pembelajaran menyenangkan terwujud dengan persentase keberhasilan sebesar 69.04 % untuk angket siswa 91.67% untuk angket guru, 75.00 % untuk lembar observasi siswa. Data ini juga didukung oleh catatan lapangan yang diambil selama proses pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Khurul Wardati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: think pair share, penelitian tindakan kelas.
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2070

PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN AL-KALAM SISWI KELAS IV B MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2009/2010

SYUKRAN NIM. 06420014, (2010) PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN AL-KALAM SISWI KELAS IV B MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
[img] Text (PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN AL-KALAM SISWI KELAS IV B MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (857Kb)
[img] Text (PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN AL-KALAM SISWI KELAS IV B MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (259Kb)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bentuk pembelajaran secara umum saat iniyang masih konensional dan secara khusus pembelajaran bahasa Arab di kelas IV B MAS Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta sehingga pembelajaran yang selama ini terasa menonton dan berakibatkan pada prestasi belajar bahasa Arab siswi kelas IV B yang dirasakan kurang dan serta perlu adanya upaya untuk meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab melalui penggunaan Macromedia Flash 8 bagi siswi kelas IV B MAS Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang penggunaan Macromedia Flash 8 pada proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas IV B MAS Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta yang berjumlah 17 siswi. Rencana tindakan pada penelitian ini meliputi dua Siklus. Siklus I dengan materi dan Siklus II dengan materi. Instrument yang digunakan selama pengambilan data adalah obserasi, panduan wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dekriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data kemudian mengorganisasikan data yang muncul agar bisa disajikan dan ditarik kesimpulan. Mengenai keberhasilan produk, dapat diketahui dengan menggunakan prosentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) penggunaan Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran bahasa Arab siswi kelas IV B MAS Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta dilaksanakan dalam dua Siklus. Sebelum tindakan, dilakukan observasi awal untuk mengetahui kondisi pembelajaran dan proses didalamnya. Setiap Siklus akan diiringi oleh 4 (empat) tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dari dua Siklus tersebut kemudian diolah dan dimaknai sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa penggunaan Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran bahasa Arab ini berjalan dengan lancar dan membawa dampak positif bagi prestasi siswi. (2) peningkatan prestasi belajar bahasa Arab siswi cukup tinggi ini dibuktikan dari rata-rata hasil pre tes sebesar 7.33 dan nilai pos tes sebesar 9.33 ini berarti ada peningkatan sebesar 2. Pada Siklus II, hasil prestasi belajar semakin mengalami peningkatan, yaitu nilai nilai pre tes sebesar 7.87 dan nilai pos tes sebesar 9.5 pada Siklus II ini prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 1.65.
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhadi, M. A.
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash 8 , Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 10:32
Last Modified: 15 Aug 2012 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4355

50_Peserta_Terbaik_Pemilihan_Remaja_Islam_Teladan_DIY 2012

 
 
Daftar 50 peserta terbaik Pemilihan Remaja Islam Islam Teladan DIY  2012
                              
1. Adlina nur zhafarina                                         SMA N 6 Yogyakarta
2. Aliv Ainun Nirwana                                         MAN 1 Yogyakarta
3. Amrina Rosyada                                               SMAN3 Yogyakarta
4. Andhikati Kurnia Adi                                         -
5. Anggun  Mayura Kusumaningrum                   SMAN 1 Sleman
6.Anisa Dali Darto                                                MAN 2 Yogyakarta
7. Ardianto Kurniawan                                         SMAN  1 sleman
8. Azka Azifa                                                       SMAN 3 Yogyakarta
9. Choirun nisa                                                     SMAN  6  Yogyakarta
10. Dean Aristya nugraha                                     SMAN 4 Depok
11. Dinah Fadhilah                                               SMAN 1 Sleman
12. Dita Widy amallya                                         SMAN 1 Yogyakarta
13. Dzikri Rahman Bijak muhammad                 SMA Muh. 1  yogyakarta
14. Early Zahwa Alharissa                                   SMPN  8 Yogyakarta
15. Efi Suryaningsih                                             SMP Taruna Imani
16. endah ayu fitriani                                           SMA N 11 Yogyakarta
17. Eri Laksita                                                     SMAN 1 Jetis
18. Erisa Aningrum                                             SMAN 1 Bantul
19. Farisa Rahma Himawati                                MAN 1 Yogyakarta
20. Fathonah Zuchriyah                                      MAN  1 Yogyakarta
21. Fitri                                                                      -
22. Hafidha Ratna Puspita Hati                          MAN 1  Yogyakarta
23. Halida Hasyantu aima                                  MAN 3 Yogyakarta
24. Hanifah Nisrina Cahyaningsih                     MAN 1 Yogyakarta
25. Ismeda Halia Purnami                                  MAN 1 Yogyakarta
26. Khusnul Khotimah                                        SMAN 1 Pati
27. Lilis Cahaya Wati                                         SMKN 1 Depok
28. Lina Marliana                                               MA Ibnul Qoyyim Putri
29. Miftahul Ajri                                                SMAN 1 Yogyakarta
30. Muh. Qistan Kharismawati                          SMAN 1 Yogyakarta
31. Novianda Aditya Istiqomah                         SMAN 1 yogyakarta
32. Nurul Dwi Kharismawati                             SMKN 4 Depok
33. Nurullia nur Utami                                       SMAN 1 Yogyakarta
34. Priska Fadilla                                               SMPN 8 Yogyakarta
35. Purwandaru                                                  SMAN 1 Bantul
36. Riyadi Dwi Prasetya                                    SMAN 2 Ngaglik
37. Rizki Ahmad Arfri                                      SMAN 1 Yogyakarta
38. Ronald nintang Antariksa Pamungkas        MAN 1 Yogyakarta
39. Santika                                                                -
40. Shahylananda tito Yuwono                         SMAN 3 Yogyakarta
41. Surya Jatmiko                                             SMAN 1 Bantul
42. Syaiful Mujib                                               -
43. Thoriq Ziyad                                               SMAN 2 Wonosari
44. Unaisah                                                       MAN 1 Yogyakarta
45. Vatma Angraini  putri                                SMAN 8 Yogyakarta
46. Vella Anggun Hermaningsih                      SMAN 1 Bantul
47. Vika Narfa aulia                                          SMPN 4 Depok
48. Vina Hasna Arifa                                        SMPN 4 Depok
49. Wong Nga liem                                          SMAN 8 Yogyakarta
50. Zaid                                                            Ma`had Islamic Centre Bin Baz
 
 
50 Peserta terbaik diundang pada acara grand final untuk mengikuti workshop penulisan Karya ilmiah. keterangan lebih lanjut buka web.www.ccrc.farmasi.ugm.ac.id/wp-content/uploads/50_Peserta_Terbaik_Pemilihan_Remaja_Islam_Teladan_DIY_2012.pdf                   
 
 
 
 
 

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA

Nurul Fithriyah Awaliatul Laili NIM. 04420893, (2009) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (877Kb)
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184Kb)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran mufradat dan sejauh mana efektifitas pembelajaran mufradat dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab santri kelompok sighor Pondok Pesantren Putri Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah Observasi; teknik observasi yang digunakan adalah observasi langsung dimana penelitian mengadakan pengamatan secara langsung terhadap segala subjek yang diteliti, dokumentasi, tes tulis dan tes lisan, dan interview (wawancara) yaitu peneliti menggunakan interview bebas terpimpin. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa proses belajar mengajar mufradat di kelompok sighor Pondok Pesantren Putri Ibnul Qoyyim Yogyakarta menggunakan beberapa metode, diantaranya metode langsung, Mim-mem dan pendekatan Aural-oral. Sedangkan teknik yang digunakan adalah mendengarkan kata, mengucapkan kata, mendapatkan makna kata, membaca kata, menulis kata dan membuat kalimat. Adapun model latihan bicara yang diterapkan di kelompok sighor Pondok Pesantren Putri Ibnul Qoyyim adalah; latihan pola kalimat (Pattern Practice), latihan percakapan, drama dan pidato. Untuk menunjang kemahiran berbicara bahasa Arab, Pesantren Putri Ibnul Qoyyim menerapkan beberapa cara, yaitu; mengadakan watching movie, pemutaran kaset dan disiplin berbahasa. Pembelajaran mufradat dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab dapat dikatakan sangat efektif dapat dilihat dari 100% santri kelompok sighor yang dinyatakan berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran mufradat. Selain itu tingkat efektifitas juga dapat ditunjukkan dengan adanya korelasi yang signifikan antara hasil tes penguasaan mufradat dengan tes kemahiran berbicara bahasa Arab santri.
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Nazri Syakur, M. A
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pembelajaran, Mufradat, Kemahiran, Berbicara, Bahasa Arab, Santri, Pondok Pesantren Putri, Ibnul Qoyyim
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Kependidikan Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2012 09:13
Last Modified: 06 Aug 2012 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2437

PEMBELAJARAN QOWA'ID KELAS II MTS IBNUL QOYYIM PUTRI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2010-2011 (Tinjauan Pendekatan Komunikatif)

ROBI'ATUL ADAWIYAH - NIM. 07420038 , (2011) PEMBELAJARAN QOWA'ID KELAS II MTS IBNUL QOYYIM PUTRI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2010-2011 (Tinjauan Pendekatan Komunikatif). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran qowaid di kelas II MTs Ibnul Qoyyim ditinjau dari pendekatan komunikatif sebagai acuan dalam analisis, dan untuk mengetahui problema apa saja yang dihadapi guru dalam pembelajaran qowaid pada kelas II MTs Ibnul Qoyyim. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini digunakan dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa saja yang dialami oleh subyek penelitian seperti prilaku, minat, dan tindakan yang digambarkan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis datanya adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran qowaid pada kelas II MTs Ibnul Qoyyim secara metode, materi yang diajarkan, tujuan pembelajarannya, serta evaluasi yang digunakan sesuai dengan pembelajaran bahasa komunikatif, sebab semua komponen dalam pengajaran seperti yang sudah disebutkan diatas sesuai dengan prinsip dan ciri-ciri pendekatan komunikatif. Problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran qowaid adalah dari segi linguistik yaitu tata bunyi, tata kalimat dan tulisan, dan dari segi non linguistik yaitu minat siswa yang rendah terhadap pelajaran qowaid, dan waktu. div
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Qowa'id
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6167

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA KAJIAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR KOGNITIF

LELIY KHOLIDA NIM. 04420941, (2009) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA KAJIAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR KOGNITIF. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta dari Perspektif Psikologi Belajar Kognitif. Ada dua permasalahan pokok khususnya yang berkaitan dengan tujuan penelitian ini. Pertama ingin mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab. Kedua, perkembangan bahasa Araban Siswa di PP Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta ditinjau dari perspektif psikologi belajar kognitif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta, dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa MA Ibnul Qoyyim Putri kelas IV dan V tahun ajaran 2007/2008. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari angket diolah secara kuantitatif deskriptif. Hasil temuan dari penelitian yang telah dilakukan: pertama, terjadinya pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri ditinjau dari perspektif psikologi belajar kognitif dilihat dari arah penataan isi bidang studi atau materi pelajaran sebagai strategi pengorganisasian isi pembelajaran yang berpijak pada teori kognitif yaitu: hirarkhi belajar, analisis tugas, dan kurikulum spiral. Masa Belajar bagi siswa yang alumni MTs atau SMP Luar Pondok ini tetap tiga tahun dengan melalui kelas IV(kelas takhasus dan juga kls IV), V, dan VI. Analisa pembelajaran bahasa Arab secara umum dengan empat tahapan inti yaitu review, presentasi, exercise dan summary. Kedua, perkembangan bahasa Araban siswa ini ditandai dengan para siswa mengikuti kegiatan-kegiatan bahasa Arab di luar kelas merupakan salah satu program pengasuhan PP Ibnul Qoyyim, diantara kegiatan tersebut sebagai berikut: pemberian mufradat, muhadatsah, muhadoroh, dan insya. Jadi, bagi peneliti perkembangan bahasa Arab siswa MA di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta masih minimal dirasakan dan diungkapkan oleh mereka dalam segi pembelajaran bahasa Arab di Kelas Madrasah bagi siswa kelas V 14-23 % dari 22 siswa yang selalu merasa terlatih dalam berbagai kemahiran, dan siswa kelas IV 6-33% dari 18 siswa yang selalu merasa terlatih dalam berbagai kemahiran; sedangkan untuk kegiatan bahasa Arab di luar kelas itu dapat menunjang perkembangan bahasanya ini terbaca dari mereka 62-72 % dari 71 siswa (kelas IV dan V) senang, menikmati, dan dapat mengambil manfaatnya saat mengikuti kegiatan banyak kegiatan di pondok ini.
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nazri Syakur, MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Arab, Pondok Pesantren, Ibnul Qoyyim, Perspektif, Psikologi, Belajar, Kognitif
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2108