#000000 url(http://petir-project.googlecode.com/files/zuaz-petir.gif) -repeat center fixed;

KONSEP ,VISI dan MISI

PERGURUAN BAGI CALON PEMIMPIN PUTRI ISLAM

MTs (Madrasah Tsanawiyah) & MA (Madrasah Aliyah)
, 4 kali berturut-turut TERAKREDITASI A
Konsep 6 Tahun dalam wadah KMI ( Kulliyatul Mu`allimat al Islamiyah) Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri
Ibnul Qoyyim Islamic Boarding School / ITTC


Dalam melaksanakan proses pendidikan berpijak pada 4 pilar :
Learn to know (belajar mengetahui), learn to do (belajar melakukan), learn to be (belajar menjadi diri sendiri, learn to live together (belajar hidup bersama).

PANCA JIWA PINDOK ;
1. Keikhlasan
2. Kesederhanaan
3. Kemandirian/berdikari
4. Ukhuwah Islamiyah
5. Kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As Sunnah


Visi : "Mencetak Generasi Mukmin, Mu`allim ,Mubaligh, mujahid yang Mukhlis".

MISI :
1. Melaksanakan program Pendidikan dan Pengajaran terpadu dengan menggabungkan model Pendidikan Pesantren dan Madrasah/Sekolah.
2. Menanamkan dan mensyiarkan nilai-nilai Islam
3. Menanamkan jiwa keikhlasn, kesederhanaan , kemandirian, ukhuwah islamiyah, kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As sunnah
4. Menyelenggarakan Pendidikan ketrampilan dan mengembangkan dasar-dasar Teknologi tepat guna /life skills
5. Menerapkan direct method dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Bahasa English / Arabic and English Day

Selasa, 31 Mei 2011

KONSEP / SISTEM PENDIDIKAN

Pendidikan  Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim menerapkan model Kulliyatul Mu`allimin Al Islamiyah ( KMI) dengan memadukan dua kurikullum yaitu :
  1. Kurikullum sekolah/Madrasah yaitu mengacu Standar Nasional Pendidikan dengan Satuan Pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dengan  jurusan IPA dan IPS.
  2. Kurikullum Pesantren yang memprioritaskan pendidikan Agama serta pendidikan Bahasa Arab dan bahasa English yang mengacu pada sisitem pembelajaran Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.

Dengan sisitem pendidikan tersebut, para santri akan mengikuti ujian Nasional ,baik MTs dan MA serta mensejajarkan target lulusannya sesuai dengan alumni Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.
Masa pendidikan yang diterapkan adalah 6 tahun, terdiri 3 tahun untuk MTs (setara SMP) dan 3 tahun untuk MA ( setara SMA). Bagi lulusan SMP/MTs dimungkinkan mengikuti pendidikan pada Madrasah Aliyah Ibnul Qoyyim melalui Placement Test atau mengikuti I`dad (kelas persiapan) yaitu kelas Intensive, khususnya Pendidikan Agama Islam, Bahasa arab dan Bahasa English.


Dalam melaksanakan proses pendidikan berpijak  pada 4 pilar :
belajar mengetahui ( learn to know), belajar melakukan ( learn to do) belajat menjadi diri sendiri ( learn to be ) dan belajar hidup bersama ( learn to live together).
Lulusan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim akan mengadakan 3 ijasah yaitu ijazah MTs, ijasah Ma dan ijazah KMI (Kulliyatul Mu`allimat al Islamiyah) Pondok Pesantren  Ibnul Qoyyim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar