Nurul Fithriyah Awaliatul Laili NIM. 04420893,
(2009)
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN
BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM
YOGYAKARTA.
Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT
DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK
PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA)
BAB I, IV.pdf - Published Version Download (877Kb) |
|
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT
DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK
PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (184Kb) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran
mufradat dan sejauh mana efektifitas pembelajaran mufradat dalam
meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab santri kelompok sighor
Pondok Pesantren Putri Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Penelitian yang
digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah penelitian
lapangan dengan menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif.
Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah
Observasi; teknik observasi yang digunakan adalah observasi langsung
dimana penelitian mengadakan pengamatan secara langsung terhadap segala
subjek yang diteliti, dokumentasi, tes tulis dan tes lisan, dan
interview (wawancara) yaitu peneliti menggunakan interview bebas
terpimpin. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa proses
belajar mengajar mufradat di kelompok sighor Pondok Pesantren Putri
Ibnul Qoyyim Yogyakarta menggunakan beberapa metode, diantaranya metode
langsung, Mim-mem dan pendekatan Aural-oral. Sedangkan teknik yang
digunakan adalah mendengarkan kata, mengucapkan kata, mendapatkan makna
kata, membaca kata, menulis kata dan membuat kalimat. Adapun model
latihan bicara yang diterapkan di kelompok sighor Pondok Pesantren Putri
Ibnul Qoyyim adalah; latihan pola kalimat (Pattern Practice), latihan
percakapan, drama dan pidato. Untuk menunjang kemahiran berbicara bahasa
Arab, Pesantren Putri Ibnul Qoyyim menerapkan beberapa cara, yaitu;
mengadakan watching movie, pemutaran kaset dan disiplin berbahasa.
Pembelajaran mufradat dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa
Arab dapat dikatakan sangat efektif dapat dilihat dari 100% santri
kelompok sighor yang dinyatakan berhasil dalam mencapai tujuan
pembelajaran mufradat. Selain itu tingkat efektifitas juga dapat
ditunjukkan dengan adanya korelasi yang signifikan antara hasil tes
penguasaan mufradat dengan tes kemahiran berbicara bahasa Arab santri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Nazri Syakur, M. A |
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Pembelajaran, Mufradat, Kemahiran, Berbicara, Bahasa Arab, Santri, Pondok Pesantren Putri, Ibnul Qoyyim |
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Date Deposited: | 06 Aug 2012 09:13 |
Last Modified: | 06 Aug 2012 09:14 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2437 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar