SYUKRAN NIM. 06420014,
(2010)
PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN
AL-KALAM SISWI KELAS IV B MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN
AJARAN 2009/2010.
Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Text (PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM
UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN AL-KALAM SISWI KELAS IV B MADRASAH ALIYAH
IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I,IV.pdf - Published Version Download (857Kb) |
|
Text (PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM
UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN AL-KALAM SISWI KELAS IV B MADRASAH ALIYAH
IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II,III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (259Kb) |
Abstract
Penelitian
ini dilatar belakangi oleh bentuk pembelajaran secara umum saat iniyang
masih konensional dan secara khusus pembelajaran bahasa Arab di kelas IV
B MAS Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta sehingga pembelajaran yang selama
ini terasa menonton dan berakibatkan pada prestasi belajar bahasa Arab
siswi kelas IV B yang dirasakan kurang dan serta perlu adanya upaya
untuk meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dan meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab melalui penggunaan
Macromedia Flash 8 bagi siswi kelas IV B MAS Ibnul Qoyyim Yogyakarta.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang penggunaan Macromedia Flash 8 pada proses pembelajaran bahasa
Arab.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
ini adalah siswi kelas IV B MAS Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta yang
berjumlah 17 siswi. Rencana tindakan pada penelitian ini meliputi dua
Siklus. Siklus I dengan materi dan Siklus II dengan materi. Instrument
yang digunakan selama pengambilan data adalah obserasi, panduan
wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah dekriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data kemudian
mengorganisasikan data yang muncul agar bisa disajikan dan ditarik
kesimpulan. Mengenai keberhasilan produk, dapat diketahui dengan
menggunakan prosentase keberhasilan.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) penggunaan Macromedia Flash 8 dalam
pembelajaran bahasa Arab siswi kelas IV B MAS Ibnul Qoyyim Putri
Yogyakarta dilaksanakan dalam dua Siklus. Sebelum tindakan, dilakukan
observasi awal untuk mengetahui kondisi pembelajaran dan proses
didalamnya. Setiap Siklus akan diiringi oleh 4 (empat) tahapan yakni
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh
dari dua Siklus tersebut kemudian diolah dan dimaknai sehingga
mendapatkan kesimpulan bahwa penggunaan Macromedia Flash 8 dalam
pembelajaran bahasa Arab ini berjalan dengan lancar dan membawa dampak
positif bagi prestasi siswi. (2) peningkatan prestasi belajar bahasa
Arab siswi cukup tinggi ini dibuktikan dari rata-rata hasil pre tes
sebesar 7.33 dan nilai pos tes sebesar 9.33 ini berarti ada peningkatan
sebesar 2. Pada Siklus II, hasil prestasi belajar semakin mengalami
peningkatan, yaitu nilai nilai pre tes sebesar 7.87 dan nilai pos tes
sebesar 9.5 pada Siklus II ini prestasi belajar mengalami peningkatan
sebesar 1.65.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nurhadi, M. A. |
Uncontrolled Keywords: | Macromedia Flash 8 , Pembelajaran bahasa Arab |
Subjects: | Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Date Deposited: | 15 Aug 2012 10:32 |
Last Modified: | 15 Aug 2012 10:33 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4355 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar