LELIY KHOLIDA NIM. 04420941,
(2009)
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA KAJIAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR KOGNITIF.
Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Full text not available from this repository.
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren
Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta dari Perspektif Psikologi Belajar
Kognitif. Ada dua permasalahan pokok khususnya yang berkaitan dengan
tujuan penelitian ini. Pertama ingin mengetahui bagaimanakah pelaksanaan
pembelajaran bahasa Arab. Kedua, perkembangan bahasa Araban Siswa di PP
Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta ditinjau dari perspektif psikologi
belajar kognitif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field
research) yang berlokasi di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri
Yogyakarta, dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
adalah siswa MA Ibnul Qoyyim Putri kelas IV dan V tahun ajaran
2007/2008. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi. Data yang terkumpul dari angket diolah secara kuantitatif
deskriptif. Hasil temuan dari penelitian yang telah dilakukan: pertama,
terjadinya pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah di
Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri ditinjau dari perspektif psikologi
belajar kognitif dilihat dari arah penataan isi bidang studi atau materi
pelajaran sebagai strategi pengorganisasian isi pembelajaran yang
berpijak pada teori kognitif yaitu: hirarkhi belajar, analisis tugas,
dan kurikulum spiral. Masa Belajar bagi siswa yang alumni MTs atau SMP
Luar Pondok ini tetap tiga tahun dengan melalui kelas IV(kelas takhasus
dan juga kls IV), V, dan VI. Analisa pembelajaran bahasa Arab secara
umum dengan empat tahapan inti yaitu review, presentasi, exercise dan
summary. Kedua, perkembangan bahasa Araban siswa ini ditandai dengan
para siswa mengikuti kegiatan-kegiatan bahasa Arab di luar kelas
merupakan salah satu program pengasuhan PP Ibnul Qoyyim, diantara
kegiatan tersebut sebagai berikut: pemberian mufradat, muhadatsah,
muhadoroh, dan insya. Jadi, bagi peneliti perkembangan bahasa Arab siswa
MA di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta masih minimal
dirasakan dan diungkapkan oleh mereka dalam segi pembelajaran bahasa
Arab di Kelas Madrasah bagi siswa kelas V 14-23 % dari 22 siswa yang
selalu merasa terlatih dalam berbagai kemahiran, dan siswa kelas IV
6-33% dari 18 siswa yang selalu merasa terlatih dalam berbagai
kemahiran; sedangkan untuk kegiatan bahasa Arab di luar kelas itu dapat
menunjang perkembangan bahasanya ini terbaca dari mereka 62-72 % dari 71
siswa (kelas IV dan V) senang, menikmati, dan dapat mengambil
manfaatnya saat mengikuti kegiatan banyak kegiatan di pondok ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Nazri Syakur, MA |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Bahasa Arab, Pondok Pesantren, Ibnul Qoyyim, Perspektif, Psikologi, Belajar, Kognitif |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Last Modified: | 04 May 2012 16:42 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2108 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar