RR. HANUM AN NISA - NIM. 06420024 ,
(2011)
EKSPERIMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL CARD SORT DALAM
PEMBELAJARAN AL MUFRODAT DI KELAS TAKHASSUS MADRASAH IBNUL QOYYIM PUTRI
TAHUN 2009-2010.
Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Full text not available from this repository.
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar penguasaan al-mufrodat kelompok
eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan strategi Active Learning
model Card Sort) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa
menggunakan strategi Active Learning model Card Sort) pada siswa kelas
Takhassus Madrasah Ibnul Qoyyim Putri Sleman. Penelitian ini adalah
penelitian eksperimentasi yang dalam penerapannya menggunakan dua kelas,
yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan Strategi Active Learning
model Card Sort dalam pembelajaran almufrodat yaitu kelas IV B dengan
jumlah 17 Siswa, dan kelompok kontrol yaitu yang tidak menggunakan
Active Learning Card Sort dalam pembelajaran almufrodat, yaitu kelas IV A
dengan jumlah 17 siswa. Peneliti menggunakan Populasi untuk menentukan
obyek penelitian eksperimentasi ini dengan melibatkan seluruh siswa
kedalam proses eksperimentasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
mengunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk
menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas
isi (content validity) dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus
Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas
sebaran dengan rumus Kolmogorov-Smirnov, sedangkan untuk uji homogenitas
dilakukan dengan menggunakan uji F. Analisis data dengan menggunakan
rumus uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara kemampuan hasil belajar penguasaan al-mufrodat siswa dalam
kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat
dari skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 18,2941,
sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata post-test sebesar
14,2941. Kemudian dari rata-rata peningkatan kemampuan hasil belajar
penguasaan al-mufrodat tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan
peningkatan yang lebih tinggi yaitu sebesar 3,17647, sedangkan pada
kelompok kontrol hanya sebesar 0,52941. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan strategi Actrive
Learning model Card Sort dalam pembelajaran penguasaan al- mufrodat
dengan kelas yang tidak menggunakan strategi Active Learning model Card
Sort mempunyai perbedaan yang signifikan. Sehingga strategi Active
Learning model Card Sort dapat diterapkan sebagai solusi alternatif
dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penguasaan
almufrodat. div
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: H. Tulus Mustofa, Lc., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Eksperimentasi, Active Learning, Card Sort, Pembelajaran Al-Mufrodat, Kelas Takhasuss |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Last Modified: | 04 May 2012 16:48 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5626 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar