Siti Aminah NIM: 04420939,
(2009)
PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA TERHADAP MINAT BERBAHASA
SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA (Tinjauan
Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab).
Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Text (PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
BAHASA TERHADAP MINAT BERBAHASA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM
YOGYAKARTA (Tinjauan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab))
BAB I,V.pdf - Published Version Download (389Kb) |
|
Text (PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
BAHASA TERHADAP MINAT BERBAHASA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM
YOGYAKARTA (Tinjauan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (229Kb) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kegiatan
Ekstrakurikuler Bahasa dalam meningkatkan minat Bebahasa Santri di
Pondok Pesntren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta (Tinjauan Ketrampilan
Berbicara). Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa yang ada di Pondok Pesantren
Ibnul Qoyyim cenderung lebih membantu dalam minat berbahasa santri
dalam kehidupan sehari- hari. Hampir seluruh santri sangat memilih
kegiatan Ekstrakurikuler bahasa ketimbang proses pembelajaran umum di
kelas.
Teknik Pengumpulan Data yang penulis gunakan adalah Observasi,
Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Wawancara ini penulis tujukan kepada
Direktur Pondok Pesantren, Musyrifatul Lughoh Bagian Bahasa OSIQ dan
Bagian Kegiatan Santri. Observasi yang penulis gunakan adalah Observasi
Partisipan dan Non Partisipan. Sedangkan Angket, penulis tujukan kepada
Santri Madrasah Aliyah yang berjumlah 56 orang.
Obyek dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan kegiatan
Ekstrakurikuler Bahasa di luar kelas yang ada di Pondok Pesantren Ibnul
Qoyyim. Jika di lihat dari tempat penelitian termasuk penelitian
Lapangan dan bila di lihat dari sifat Data yang ada termasuk data
Kualitatif. Yaitu penelitian yang lebih menekankan pada Data yang
bersifat Kualitatif dan menggunakan Analisis Kualitatif dalam memaknai
dan menganalisis data yang ada.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peranan Kegiatan
Ekstrakurikuler Bahasa yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim cukup
efektif dan dalam meningkatkan minat berbahasa santri. terbukti dengan
jumlah Persentase santri yang lebih menyukai kegiatan Ekstrakurikuler
Bahasa sebanyak 30%.jika di banding dengan kegiatan belajar formal di
kelas yang hanya 4% dari 56 santri. Beberapa usaha Organisasi Santri
Ibnul Qoyyim (OSIQ) dalam meningkatkan kemahiran berbicara santri
adalah: membuat staff bahasa, pemutaran kaset, pemasangan uslub,
pembuatan kaset, penerbitan bulletin, dan Arabic club. Kegiatan
Ekstrakurikuler bahasa berjalan cukup efektif, karena mampu meningkatkan
kemampuan berbahasa Arab santri mampu berinteraksi dengan bahasa Arab
sesuai dengan tujuan pembelajaranya. Dengan bukti minat berbahasa santri
cukup meningkat yaitu 22% jika dibanding dengan proses pembelajaran
dikelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : DR. Janan Asifudin MA. |
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler, Bahasa, Minat, Santri, Pondok Pesantren, Ibnul Qoyyim |
Subjects: | Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Date Deposited: | 13 Aug 2012 11:14 |
Last Modified: | 13 Aug 2012 11:16 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2645 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar