Isna Kholifa NIM: 04430991,
(2009)
UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA KELAS XI IPA MA IBNUL QOYYIM PUTRI.
Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Full text not available from this repository.
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mewujudkan Pembelajaran Aktif,
Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada pembelajaran matematika
siswi kelas XI IPA MA Ibnul Qoyyim Putri melalui metode pembelajaran
kooperatif tipe berpikir berpasangan berbagi (think pair share). Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam
penelitian ini adalah seluruh siswi kelas XI IPA MA Ibnul Qoyyim Putri
Sleman yang berjumlah 6 orang dan guru mata pelajaran matematika kelas
XI IPA. Obyek penelitian ini adalah proses penerapan metode pembelajaran
kooperatif tipe berpikir berpasangan berbagi (think pair share).
Penelitian dilakukan dalam 2 (dua) siklus, dimana dalam setiap siklus
terdiri dari 5 (lima) jam pelajaran dan terbagi dalam 2 (dua) kali
pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil angket siswa dan guru
dengan data pembanding yaitu hasil observasi secara langsung selama
proses kegiatan pembelajaran, hasil wawancara siswa dan guru, catatan
lapangan, hasil evaluasi/ kuis, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran
kooperati tipe berpikir berpasangan berbagi (think pair share)
Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) di kelas
XI IPA MA Ibnul Qoyyim Putri dapat terwujud. Hal ini ditunjukkan dari
hasil persentase angket siswa dan guru serta lembar observasi siswa dan
guru yaitu: pembelajaran aktif terwujud dengan persentase keberhasilan
sebesar 72.92% untuk angket siswa, 75.00% untuk angket guru, 77.78%
untuk lembar observasi siswa, dan 81.48 % untuk lembar observasi guru,
pembelajaran kreatif terwujud dengan persentase keberhasilan sebesar
62.50% untuk angket siswa, 66.67% untuk angket guru, 66.67 % untuk
lembar observasi siswa, dan 69.33 % untuklembar observasi guru
pembelajaran efektif terwujud dengan persentase keberhasilan sebesar
76.04% untuk angket siswa, 87.50% untuk angket guru, 70.37 % untuk
lembar observasi siswa, dan 85.19 % untuk lembar observasi guru,
pembelajaran menyenangkan terwujud dengan persentase keberhasilan
sebesar 69.04 % untuk angket siswa 91.67% untuk angket guru, 75.00 %
untuk lembar observasi siswa. Data ini juga didukung oleh catatan
lapangan yang diambil selama proses pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dra. Khurul Wardati, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | think pair share, penelitian tindakan kelas. |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Last Modified: | 04 May 2012 16:42 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2070 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar