#000000 url(http://petir-project.googlecode.com/files/zuaz-petir.gif) -repeat center fixed;

KONSEP ,VISI dan MISI

PERGURUAN BAGI CALON PEMIMPIN PUTRI ISLAM

MTs (Madrasah Tsanawiyah) & MA (Madrasah Aliyah)
, 4 kali berturut-turut TERAKREDITASI A
Konsep 6 Tahun dalam wadah KMI ( Kulliyatul Mu`allimat al Islamiyah) Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri
Ibnul Qoyyim Islamic Boarding School / ITTC


Dalam melaksanakan proses pendidikan berpijak pada 4 pilar :
Learn to know (belajar mengetahui), learn to do (belajar melakukan), learn to be (belajar menjadi diri sendiri, learn to live together (belajar hidup bersama).

PANCA JIWA PINDOK ;
1. Keikhlasan
2. Kesederhanaan
3. Kemandirian/berdikari
4. Ukhuwah Islamiyah
5. Kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As Sunnah


Visi : "Mencetak Generasi Mukmin, Mu`allim ,Mubaligh, mujahid yang Mukhlis".

MISI :
1. Melaksanakan program Pendidikan dan Pengajaran terpadu dengan menggabungkan model Pendidikan Pesantren dan Madrasah/Sekolah.
2. Menanamkan dan mensyiarkan nilai-nilai Islam
3. Menanamkan jiwa keikhlasn, kesederhanaan , kemandirian, ukhuwah islamiyah, kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As sunnah
4. Menyelenggarakan Pendidikan ketrampilan dan mengembangkan dasar-dasar Teknologi tepat guna /life skills
5. Menerapkan direct method dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Bahasa English / Arabic and English Day

Rabu, 13 Maret 2013

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA

Nurul Fithriyah Awaliatul Laili NIM. 04420893, (2009) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (877Kb)
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184Kb)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran mufradat dan sejauh mana efektifitas pembelajaran mufradat dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab santri kelompok sighor Pondok Pesantren Putri Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah Observasi; teknik observasi yang digunakan adalah observasi langsung dimana penelitian mengadakan pengamatan secara langsung terhadap segala subjek yang diteliti, dokumentasi, tes tulis dan tes lisan, dan interview (wawancara) yaitu peneliti menggunakan interview bebas terpimpin. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa proses belajar mengajar mufradat di kelompok sighor Pondok Pesantren Putri Ibnul Qoyyim Yogyakarta menggunakan beberapa metode, diantaranya metode langsung, Mim-mem dan pendekatan Aural-oral. Sedangkan teknik yang digunakan adalah mendengarkan kata, mengucapkan kata, mendapatkan makna kata, membaca kata, menulis kata dan membuat kalimat. Adapun model latihan bicara yang diterapkan di kelompok sighor Pondok Pesantren Putri Ibnul Qoyyim adalah; latihan pola kalimat (Pattern Practice), latihan percakapan, drama dan pidato. Untuk menunjang kemahiran berbicara bahasa Arab, Pesantren Putri Ibnul Qoyyim menerapkan beberapa cara, yaitu; mengadakan watching movie, pemutaran kaset dan disiplin berbahasa. Pembelajaran mufradat dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab dapat dikatakan sangat efektif dapat dilihat dari 100% santri kelompok sighor yang dinyatakan berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran mufradat. Selain itu tingkat efektifitas juga dapat ditunjukkan dengan adanya korelasi yang signifikan antara hasil tes penguasaan mufradat dengan tes kemahiran berbicara bahasa Arab santri.
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Nazri Syakur, M. A
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pembelajaran, Mufradat, Kemahiran, Berbicara, Bahasa Arab, Santri, Pondok Pesantren Putri, Ibnul Qoyyim
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Kependidikan Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2012 09:13
Last Modified: 06 Aug 2012 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2437

Tidak ada komentar:

Posting Komentar