#000000 url(http://petir-project.googlecode.com/files/zuaz-petir.gif) -repeat center fixed;

KONSEP ,VISI dan MISI

PERGURUAN BAGI CALON PEMIMPIN PUTRI ISLAM

MTs (Madrasah Tsanawiyah) & MA (Madrasah Aliyah)
, 4 kali berturut-turut TERAKREDITASI A
Konsep 6 Tahun dalam wadah KMI ( Kulliyatul Mu`allimat al Islamiyah) Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri
Ibnul Qoyyim Islamic Boarding School / ITTC


Dalam melaksanakan proses pendidikan berpijak pada 4 pilar :
Learn to know (belajar mengetahui), learn to do (belajar melakukan), learn to be (belajar menjadi diri sendiri, learn to live together (belajar hidup bersama).

PANCA JIWA PINDOK ;
1. Keikhlasan
2. Kesederhanaan
3. Kemandirian/berdikari
4. Ukhuwah Islamiyah
5. Kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As Sunnah


Visi : "Mencetak Generasi Mukmin, Mu`allim ,Mubaligh, mujahid yang Mukhlis".

MISI :
1. Melaksanakan program Pendidikan dan Pengajaran terpadu dengan menggabungkan model Pendidikan Pesantren dan Madrasah/Sekolah.
2. Menanamkan dan mensyiarkan nilai-nilai Islam
3. Menanamkan jiwa keikhlasn, kesederhanaan , kemandirian, ukhuwah islamiyah, kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As sunnah
4. Menyelenggarakan Pendidikan ketrampilan dan mengembangkan dasar-dasar Teknologi tepat guna /life skills
5. Menerapkan direct method dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Bahasa English / Arabic and English Day

Rabu, 13 Maret 2013

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA KAJIAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR KOGNITIF

LELIY KHOLIDA NIM. 04420941, (2009) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA KAJIAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR KOGNITIF. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta dari Perspektif Psikologi Belajar Kognitif. Ada dua permasalahan pokok khususnya yang berkaitan dengan tujuan penelitian ini. Pertama ingin mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab. Kedua, perkembangan bahasa Araban Siswa di PP Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta ditinjau dari perspektif psikologi belajar kognitif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta, dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa MA Ibnul Qoyyim Putri kelas IV dan V tahun ajaran 2007/2008. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari angket diolah secara kuantitatif deskriptif. Hasil temuan dari penelitian yang telah dilakukan: pertama, terjadinya pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri ditinjau dari perspektif psikologi belajar kognitif dilihat dari arah penataan isi bidang studi atau materi pelajaran sebagai strategi pengorganisasian isi pembelajaran yang berpijak pada teori kognitif yaitu: hirarkhi belajar, analisis tugas, dan kurikulum spiral. Masa Belajar bagi siswa yang alumni MTs atau SMP Luar Pondok ini tetap tiga tahun dengan melalui kelas IV(kelas takhasus dan juga kls IV), V, dan VI. Analisa pembelajaran bahasa Arab secara umum dengan empat tahapan inti yaitu review, presentasi, exercise dan summary. Kedua, perkembangan bahasa Araban siswa ini ditandai dengan para siswa mengikuti kegiatan-kegiatan bahasa Arab di luar kelas merupakan salah satu program pengasuhan PP Ibnul Qoyyim, diantara kegiatan tersebut sebagai berikut: pemberian mufradat, muhadatsah, muhadoroh, dan insya. Jadi, bagi peneliti perkembangan bahasa Arab siswa MA di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta masih minimal dirasakan dan diungkapkan oleh mereka dalam segi pembelajaran bahasa Arab di Kelas Madrasah bagi siswa kelas V 14-23 % dari 22 siswa yang selalu merasa terlatih dalam berbagai kemahiran, dan siswa kelas IV 6-33% dari 18 siswa yang selalu merasa terlatih dalam berbagai kemahiran; sedangkan untuk kegiatan bahasa Arab di luar kelas itu dapat menunjang perkembangan bahasanya ini terbaca dari mereka 62-72 % dari 71 siswa (kelas IV dan V) senang, menikmati, dan dapat mengambil manfaatnya saat mengikuti kegiatan banyak kegiatan di pondok ini.
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nazri Syakur, MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Arab, Pondok Pesantren, Ibnul Qoyyim, Perspektif, Psikologi, Belajar, Kognitif
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2108

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar