#000000 url(http://petir-project.googlecode.com/files/zuaz-petir.gif) -repeat center fixed;

KONSEP ,VISI dan MISI

PERGURUAN BAGI CALON PEMIMPIN PUTRI ISLAM

MTs (Madrasah Tsanawiyah) & MA (Madrasah Aliyah)
, 4 kali berturut-turut TERAKREDITASI A
Konsep 6 Tahun dalam wadah KMI ( Kulliyatul Mu`allimat al Islamiyah) Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri
Ibnul Qoyyim Islamic Boarding School / ITTC


Dalam melaksanakan proses pendidikan berpijak pada 4 pilar :
Learn to know (belajar mengetahui), learn to do (belajar melakukan), learn to be (belajar menjadi diri sendiri, learn to live together (belajar hidup bersama).

PANCA JIWA PINDOK ;
1. Keikhlasan
2. Kesederhanaan
3. Kemandirian/berdikari
4. Ukhuwah Islamiyah
5. Kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As Sunnah


Visi : "Mencetak Generasi Mukmin, Mu`allim ,Mubaligh, mujahid yang Mukhlis".

MISI :
1. Melaksanakan program Pendidikan dan Pengajaran terpadu dengan menggabungkan model Pendidikan Pesantren dan Madrasah/Sekolah.
2. Menanamkan dan mensyiarkan nilai-nilai Islam
3. Menanamkan jiwa keikhlasn, kesederhanaan , kemandirian, ukhuwah islamiyah, kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As sunnah
4. Menyelenggarakan Pendidikan ketrampilan dan mengembangkan dasar-dasar Teknologi tepat guna /life skills
5. Menerapkan direct method dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Bahasa English / Arabic and English Day

Rabu, 13 Maret 2013

PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA TERHADAP MINAT BERBAHASA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA (Tinjauan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab)

Siti Aminah NIM: 04420939, (2009) PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA TERHADAP MINAT BERBAHASA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA (Tinjauan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
[img] Text (PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA TERHADAP MINAT BERBAHASA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA (Tinjauan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab))
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (389Kb)
[img] Text (PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA TERHADAP MINAT BERBAHASA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA (Tinjauan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (229Kb)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa dalam meningkatkan minat Bebahasa Santri di Pondok Pesntren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta (Tinjauan Ketrampilan Berbicara). Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim cenderung lebih membantu dalam minat berbahasa santri dalam kehidupan sehari- hari. Hampir seluruh santri sangat memilih kegiatan Ekstrakurikuler bahasa ketimbang proses pembelajaran umum di kelas. Teknik Pengumpulan Data yang penulis gunakan adalah Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Wawancara ini penulis tujukan kepada Direktur Pondok Pesantren, Musyrifatul Lughoh Bagian Bahasa OSIQ dan Bagian Kegiatan Santri. Observasi yang penulis gunakan adalah Observasi Partisipan dan Non Partisipan. Sedangkan Angket, penulis tujukan kepada Santri Madrasah Aliyah yang berjumlah 56 orang. Obyek dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa di luar kelas yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim. Jika di lihat dari tempat penelitian termasuk penelitian Lapangan dan bila di lihat dari sifat Data yang ada termasuk data Kualitatif. Yaitu penelitian yang lebih menekankan pada Data yang bersifat Kualitatif dan menggunakan Analisis Kualitatif dalam memaknai dan menganalisis data yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim cukup efektif dan dalam meningkatkan minat berbahasa santri. terbukti dengan jumlah Persentase santri yang lebih menyukai kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa sebanyak 30%.jika di banding dengan kegiatan belajar formal di kelas yang hanya 4% dari 56 santri. Beberapa usaha Organisasi Santri Ibnul Qoyyim (OSIQ) dalam meningkatkan kemahiran berbicara santri adalah: membuat staff bahasa, pemutaran kaset, pemasangan uslub, pembuatan kaset, penerbitan bulletin, dan Arabic club. Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa berjalan cukup efektif, karena mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Arab santri mampu berinteraksi dengan bahasa Arab sesuai dengan tujuan pembelajaranya. Dengan bukti minat berbahasa santri cukup meningkat yaitu 22% jika dibanding dengan proses pembelajaran dikelas.
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : DR. Janan Asifudin MA.
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Bahasa, Minat, Santri, Pondok Pesantren, Ibnul Qoyyim
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2012 11:14
Last Modified: 13 Aug 2012 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2645

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar