#000000 url(http://petir-project.googlecode.com/files/zuaz-petir.gif) -repeat center fixed;

KONSEP ,VISI dan MISI

PERGURUAN BAGI CALON PEMIMPIN PUTRI ISLAM

MTs (Madrasah Tsanawiyah) & MA (Madrasah Aliyah)
, 4 kali berturut-turut TERAKREDITASI A
Konsep 6 Tahun dalam wadah KMI ( Kulliyatul Mu`allimat al Islamiyah) Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri
Ibnul Qoyyim Islamic Boarding School / ITTC


Dalam melaksanakan proses pendidikan berpijak pada 4 pilar :
Learn to know (belajar mengetahui), learn to do (belajar melakukan), learn to be (belajar menjadi diri sendiri, learn to live together (belajar hidup bersama).

PANCA JIWA PINDOK ;
1. Keikhlasan
2. Kesederhanaan
3. Kemandirian/berdikari
4. Ukhuwah Islamiyah
5. Kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As Sunnah


Visi : "Mencetak Generasi Mukmin, Mu`allim ,Mubaligh, mujahid yang Mukhlis".

MISI :
1. Melaksanakan program Pendidikan dan Pengajaran terpadu dengan menggabungkan model Pendidikan Pesantren dan Madrasah/Sekolah.
2. Menanamkan dan mensyiarkan nilai-nilai Islam
3. Menanamkan jiwa keikhlasn, kesederhanaan , kemandirian, ukhuwah islamiyah, kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As sunnah
4. Menyelenggarakan Pendidikan ketrampilan dan mengembangkan dasar-dasar Teknologi tepat guna /life skills
5. Menerapkan direct method dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Bahasa English / Arabic and English Day

Rabu, 13 Maret 2013

EKSPERIMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN AL MUFRODAT DI KELAS TAKHASSUS MADRASAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN 2009-2010

RR. HANUM AN NISA - NIM. 06420024 , (2011) EKSPERIMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN AL MUFRODAT DI KELAS TAKHASSUS MADRASAH IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN 2009-2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar penguasaan al-mufrodat kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan strategi Active Learning model Card Sort) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa menggunakan strategi Active Learning model Card Sort) pada siswa kelas Takhassus Madrasah Ibnul Qoyyim Putri Sleman. Penelitian ini adalah penelitian eksperimentasi yang dalam penerapannya menggunakan dua kelas, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan Strategi Active Learning model Card Sort dalam pembelajaran almufrodat yaitu kelas IV B dengan jumlah 17 Siswa, dan kelompok kontrol yaitu yang tidak menggunakan Active Learning Card Sort dalam pembelajaran almufrodat, yaitu kelas IV A dengan jumlah 17 siswa. Peneliti menggunakan Populasi untuk menentukan obyek penelitian eksperimentasi ini dengan melibatkan seluruh siswa kedalam proses eksperimentasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity) dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Kolmogorov-Smirnov, sedangkan untuk uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji F. Analisis data dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar penguasaan al-mufrodat siswa dalam kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 18,2941, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata post-test sebesar 14,2941. Kemudian dari rata-rata peningkatan kemampuan hasil belajar penguasaan al-mufrodat tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi yaitu sebesar 3,17647, sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar 0,52941. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan strategi Actrive Learning model Card Sort dalam pembelajaran penguasaan al- mufrodat dengan kelas yang tidak menggunakan strategi Active Learning model Card Sort mempunyai perbedaan yang signifikan. Sehingga strategi Active Learning model Card Sort dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penguasaan almufrodat. div
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Tulus Mustofa, Lc., M.A.
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Active Learning, Card Sort, Pembelajaran Al-Mufrodat, Kelas Takhasuss
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5626

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar