#000000 url(http://petir-project.googlecode.com/files/zuaz-petir.gif) -repeat center fixed;

KONSEP ,VISI dan MISI

PERGURUAN BAGI CALON PEMIMPIN PUTRI ISLAM

MTs (Madrasah Tsanawiyah) & MA (Madrasah Aliyah)
, 4 kali berturut-turut TERAKREDITASI A
Konsep 6 Tahun dalam wadah KMI ( Kulliyatul Mu`allimat al Islamiyah) Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri
Ibnul Qoyyim Islamic Boarding School / ITTC


Dalam melaksanakan proses pendidikan berpijak pada 4 pilar :
Learn to know (belajar mengetahui), learn to do (belajar melakukan), learn to be (belajar menjadi diri sendiri, learn to live together (belajar hidup bersama).

PANCA JIWA PINDOK ;
1. Keikhlasan
2. Kesederhanaan
3. Kemandirian/berdikari
4. Ukhuwah Islamiyah
5. Kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As Sunnah


Visi : "Mencetak Generasi Mukmin, Mu`allim ,Mubaligh, mujahid yang Mukhlis".

MISI :
1. Melaksanakan program Pendidikan dan Pengajaran terpadu dengan menggabungkan model Pendidikan Pesantren dan Madrasah/Sekolah.
2. Menanamkan dan mensyiarkan nilai-nilai Islam
3. Menanamkan jiwa keikhlasn, kesederhanaan , kemandirian, ukhuwah islamiyah, kebebasan berfikir berdasarkan Qur`an dan As sunnah
4. Menyelenggarakan Pendidikan ketrampilan dan mengembangkan dasar-dasar Teknologi tepat guna /life skills
5. Menerapkan direct method dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Bahasa English / Arabic and English Day

Rabu, 13 Maret 2013

UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI IPA MA IBNUL QOYYIM PUTRI

Isna Kholifa NIM: 04430991, (2009) UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI IPA MA IBNUL QOYYIM PUTRI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mewujudkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada pembelajaran matematika siswi kelas XI IPA MA Ibnul Qoyyim Putri melalui metode pembelajaran kooperatif tipe berpikir berpasangan berbagi (think pair share). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswi kelas XI IPA MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman yang berjumlah 6 orang dan guru mata pelajaran matematika kelas XI IPA. Obyek penelitian ini adalah proses penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe berpikir berpasangan berbagi (think pair share). Penelitian dilakukan dalam 2 (dua) siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 5 (lima) jam pelajaran dan terbagi dalam 2 (dua) kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil angket siswa dan guru dengan data pembanding yaitu hasil observasi secara langsung selama proses kegiatan pembelajaran, hasil wawancara siswa dan guru, catatan lapangan, hasil evaluasi/ kuis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperati tipe berpikir berpasangan berbagi (think pair share) Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) di kelas XI IPA MA Ibnul Qoyyim Putri dapat terwujud. Hal ini ditunjukkan dari hasil persentase angket siswa dan guru serta lembar observasi siswa dan guru yaitu: pembelajaran aktif terwujud dengan persentase keberhasilan sebesar 72.92% untuk angket siswa, 75.00% untuk angket guru, 77.78% untuk lembar observasi siswa, dan 81.48 % untuk lembar observasi guru, pembelajaran kreatif terwujud dengan persentase keberhasilan sebesar 62.50% untuk angket siswa, 66.67% untuk angket guru, 66.67 % untuk lembar observasi siswa, dan 69.33 % untuklembar observasi guru pembelajaran efektif terwujud dengan persentase keberhasilan sebesar 76.04% untuk angket siswa, 87.50% untuk angket guru, 70.37 % untuk lembar observasi siswa, dan 85.19 % untuk lembar observasi guru, pembelajaran menyenangkan terwujud dengan persentase keberhasilan sebesar 69.04 % untuk angket siswa 91.67% untuk angket guru, 75.00 % untuk lembar observasi siswa. Data ini juga didukung oleh catatan lapangan yang diambil selama proses pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Khurul Wardati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: think pair share, penelitian tindakan kelas.
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2070

Tidak ada komentar:

Posting Komentar